Sabtu, 22 Desember 2012

Kembalinya Rossi Di Musim 2013

Valentino Rossi motogp
Kembalinya Valentino Rossi ke Yamaha sebagai rekan satu tim Jorge Lorenzo akan membuat tahun penuh gejolak bagi kru tim asal Jepang dan manajemen yang menganggap tokoh kunci sebagai pembalap pertama Yamaha adalah Rossi.

Masao Furusawa, maestro di belakang pengembangan motor YZR-M1 Yamaha dan bos tim selama Rossi meraih empat gelar juara dunia dan 46 kemenangan grand prix balapan MotoGP, memprediksi persaingan kedua pasangan pembalap itu akan menyebabkan kegalauan pada tim Yamaha.

Furusawa mengakhiri dinasnya bersama Yamaha pada akhir tahun 2010 diikuti dengan Rossi yang akhirnya memutuskan kepindahannya ke tim Ducati.

Pada musim terakhir mereka bersama-sama di Yamaha, Rossi dan Lorenzo bersitegang dengan membangun dinding pemisah di garasi tim Yamaha.

“Saya menyadari itu akan menjadi sebuah tontonan yang baik untuk para fans dengan kembalinya Valentino dan Jorge dalam satu garasi yang sama lagi, tetapi ini akan menjadi tahun yang sangat sulit bagi orang-orang yang hidup di dalam garasi itu,” kata Furusawa yang dikutip media Motosprint.

“Saya pikir [Rossi dan Lorenzo] akan bersaing ketat dan itu akan menjadi tontonan yang hebat, tetapi juga akan menjadi masalah besar bagi tim Yamaha.

“Aku tidak bisa melihat siapa pun dapat mengelola situasi itu, yang menurut pendapat saya akan semakin keras dan lebih keras.”

Furusawa mengatakan dinamika tim telah memainkan peran dalam hubungan yang retak antara kedua pembalap pada tahun 2010, dan memperingatkan bahwa ada potensi ketegangan yang sama terjadi lagi.

“Sebelum Jorge tiba di Yamaha, Nakajima sangat menyukai Valentino. Lalu ia mulai lebih memilih Jorge, karena kadang-kadang sulit untuk menangani Valentino. Karena Jorge masih muda dan mudah untuk ditangani.

“Bersama Lorenzo semuanya berjalan baik di Yamaha sampai mereka mempelajari pengalaman dirinya bernegosiasi dengan Honda, pada awal tahun 2012.

“[Masahiko] Nakajima benar-benar merasa terluka dan berubah sikap terhadap dirinya, ia sadar bahwa Jorge berperilaku seperti pembalap lain, dalam arti bahwa ia memperhatikan kepentingan dirinya sendiri, dengan kembalinya Valentino dalam suasana tim seperti itu saya tidak tahu apa yang mungkin terjadi nantinya.”

Furusawa mengatakan Rossi sudah mempertanyakan keputusan ia pindah ke tim Ducati pada musim panas 2011. Dia mendukung pembalap Italia itu untuk menikmati kesuksesan dengan kembali ke tim Yamaha, dan menggunakan kembali “motor”nya’.

“Valentino dan saya masih terus berhubungan,” jelas Furusawa. “Aku selalu mempunyai kesempatan untuk bertemu dengannya selama musim panas pada tahun 2011, dia mengatakan kepada saya bahwa meninggalkan Yamaha telah menjadi kesalahan besarnya.

“Saya pikir dia masih kompetitif dan menurut pendapat saya dia akan tetap cepat. Karena saat dia menjadi lebih tua, ia banyak berlatih untuk menjaga kebugaran dan kecepatan dengan pembalap-pembalap yang lebih muda.

sumber: autosport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar